Rabu, 02 November 2011

KISI-KISI MAT TEKIN 2011-2012

KISI-KISI SOAL TES KENDALI MUTU SEMESTER GASAL
SMK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012


MATA PELAJARAN               : MATEMATIKA TEKIND                                                                             JUMLAH SOAL   : 35 Soal ( 30 Soal Pilihan Ganda Dan 5 Soal Uraian )
KELAS / SEMESTER              : X / Ganjil                                                                                                       PENYUSUN         : Suharna,S.Pd dan Indha Winarni, S.Pd
ALOKASI WAKTU                 : 120 Menit

No.
urut
Standar
Kompetensi / Kompetensi dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No. Soal
1
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil


1.1.         Menerapkan operasi pada bilangan riil

·         Operasi pada bilangan pecahan

·         Siswa dapat Menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, atau membagi empat bilangan pecahan
PG
1


·         Operasi pada bilangan real

·         Siswa dapat Menentukan harga barang yang telah didiskon jika diketahui harga belinya.
PG
2


·         Perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen
·         Siswa dapat Menghitung perbandingan senilai dan berbalik nilai dari suatu permasalahan
PG
3

1.2.         Menerapkan operasi pada bilangan ber-pangkat
·         Operasi pada bilangan ber-pangkat

·         Siswa dapat Menentukan hasil operasi pada bilangan berpangkat
PG
4


·         Penyederhanakan bilangan berpangkat
·         Siswa dapat Menyederhanakan operasi bilangan berpangkat
PG
5



·         Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan bentuk pangkat.
essay
31

1.3.         Menerapkan operasi pada bilangan irasional
·         Operasi pada bilangan bentuk akar
·         Siswa dapat Mengoperasikan bilangan bentuk akar
PG
6


·         Penyederhanaan bilangan bentuk akar
·         Siswa dapat Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar

PG
7

1.4.         Menerapkan konsep logaritma
·         Konsep logaritma

·         Siswa dapat Menentukan nilai logaritma dengan menggunakan sifat sifatnnya
PG
8


·         Operasi pada logaritma


·         Siswa dapat Menghitung nilai logaritma jika nilai logaritma salah satu atau dua diketahui
PG
9


1.5.         Menerapkan oprasi pada bilangan kompleks
·         Operasi bilangan kompleks
·         Siswa dapat Menentukan hasil perkalian  bilangan kompleks
PG
10
2
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan


2.1.         Menerapkan konsep kesalahan pengukuran

·         Membilang dan mengukur

·         Siswa dapat Membulatkan suatu bilangan berdasarkan banyaknya angka desimal
PG
11


·         Salah mutlak dan salah relatif
·         Siswa dapat Menentukan salah relatif dari hasil suatu pengukuran
PG
12


·         Menentukan persentase ke-salahan
·         Siswa dapat Menentukan persentase kesalahan dari hasil pengukuran
PG
13


·         Menentukan toleransi hasil pengukuran
·         Siswa dapat Mentukan toleransi dari dua buah pengukuran
PG
14

2.2.         Menerapkan konsep operasi hasil pengukuran
·         Jumlah dan selisih hasil pengukuran
·         Siswa dapat Menentukan selisih maksimum dari soal cerita
PG
15


·         Hasil kali pengukuran
·         Siswa dapat Menentukan luas minimum dari bangun persegi panjang
PG
16


·          
·         Siswa dapat Menentukan keliling minimum dan luas maksimun dari bangun trapesium dalam soal cerita
essay
32
3
Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat


3.1       Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
·         Persamaan dan pertidaksamaan linier serta penyelesaiannya
·         Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linier
PG
17



·         Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan linier bentuk pecahan
PG
18



·         Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan linier
essay
33

3.2       Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
·         Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat serta penyelesaiannya
·         Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan kuadrat
PG
19



·         Siswa dapat Mentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan kuadrat dengan menggunakan metode rumus abc.
essay
34


·         Akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya
·         Siswa dapat Menentukan nilai x1 – x2 dari persamaan kuadrat
PG
20

3.3       Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
·         Menyusun persamaan kuadrat
·         Siswa dapat Menentukan persamaan kuadrat jika diketahui akar-akarnya pecahan.
PG
21

3.4       Menyelesaikan sistem persamaan
·         Sistem persamaan linier dua dan tiga variabel

·         Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linier dua variabel
PG
22



·         Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linier tiga variabel
PG
23


·         Sistem persamaan dengan dua variabel, satu linier dan satu kuadrat
·         Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan dengan dua variabel, satu linier dan satu kuadrat.
PG
24
4
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks


4.1.      Mendeskripsikan macam-macam matriks

·         Macam-macam matriks
·         Siswa dapat Menentukan letak elemen dalam suatu matriks yang  ordo 2 x 3
PG
25



·         Siswa dapat Menentukan tranpose matriks ordo 3x3
PG
26

4.2.         Menyelesaikan operasi matriks
·         Operasi matriks
·         Siswa dapat Siswa dapat Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan tiga buah matriks
PG
27



·         Siswa dapat Menentukan hasil perkalian dua matriks berordo 2x2 dengan 2x3
PG
28



·         Siswa dapat Menentukan hasil perkalian dua matriks
essay
35

4.3.      Menentukan determinan dan invers
·         Determinan dan Invers matriks
·         Siswa dapat Menentukan determinan matriks berordo 3x3
PG
29



·         Siswa dapat Menentukan invers matriks berordo 2x2
PG
30
KISI-KISI SOAL TES KENDALI MUTUSEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MATA PELAJARAN           : MATEMATIKA TEKIND
KELAS/ SMT                        : XI/GASAL                                                                                                               KELOMPOK             : TEKIND
ALOKASI WAKTU              : 120 MENIT                                                                                                             JUMLAH SOAL                   : 30 PG dan 5 ESAY
PENYUSUN                         : Agus Triyana, S.Pd dan Fitriyati Laili, S.Pd

NO URUT
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
1
SK: Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat



1.1
Mendeskripsikan konsep relasi dan fungsi
·  Relasi dan fungsi
·     Siswa dapat menentukan daerah hasil dari suatu relasi/fungsi yang diberikan
P G
1
1.2
Menerapkan konsep fungsi linear
·  Fungsi linear dan grafiknya
·  Invers fungsi linear
·     Siswa dapat menentukan gradien garis melalui dua titik yang diketahui
P G
2
·     Siswa dapat menentukan persamaan garis yang diketahui melalui satu titik dan gradiennya
P G
3
·     Siswa dapat menentukan persamaan garis lurus yang melalui satu titik dan  sejajar garis tertentu.
P G
4
·     Siswa dapat menentukan invers  fungsi linear
P G
5
1.3
Menggambar fungsi kuadrat
·  Fungsi kuadrat dan grafiknya
·        Siswa dapat menentukan persamaan fungsi kuadrat yang diketahui melalui tiga titik
Essay
31
1.4
Menerapkan konsep fungsi kuadrat
·  Fungsi kuadrat dan grafiknya
·     Siswa dapat menentukan fungsi kuadrat yang diketahui dua titik potong dengan sumbu x dan satu titik lain
P G
6
·     Siswa dapat menentukan  nilai maksimum dari suatu soal cerita yang menggunakan konsep fungsi kuadrat
P G
7
1.5
Menerapkan konsep fungsi eksponen
·  Fungsi eksponen dan grafiknya
·     Siswa dapat menentukan persamaan fungsi trigonometri jika diketahui grafiknya.
P G
8
2
MENERAPKAN KONSEP BARISAN DAN DERET DALAM PEMECAHAN MASALAH



2.1
Mengidentifikasi pola barisan dan deret bilangan
·  Notasi sigma
·     Siswa dapat menentukan barisan bilangan dari suatu barisan bilangan yang diketahui rumus suku ke-nnya
P G
9
·     Siswa dapat menentukan barisan bilangan yang diketahui rumus notasi sigmanya.
P G
10
2.2
Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika
·  Suku ke-n suatu barisan aritmatika
·     Siswa dapat menentukan rumus suku ke-n dari suatu barisan aritmatika
P G
11
·     Siswa dapat menentukan suku ke-n dari barisan aritmatika yang diketahui dua suku yang lain
P G
12
·  Jumlah n suku suatu deret aritmatika
·     Siswa dapat menentukan jumlah n suku pertama dari suatu soal cerita yang menggunakan konsep deret aritmetika
P G
13
·     Siswa dapat menentukan banyak suku / n , nilai suku ke-n dan suku terakhir dari suatu  deret aritmatika yang diketahui empat suku pertama dan jumlah deret sampai suku ke-n.
ESAY
32
2.3
Menerapkan konsep barisan dan deret geometri
·  Suku ke-n suatu barisan geometri
·     Siswa dapat menentukan suku ke-n suatu barisan geometri jika diketahui dua suku yang lain.
P G
14
·  Jumlah n suku suatu deret geometri
·     Siswa dapat menentukan rasio dari  suatu deret geometri
P G
15
·     Siswa dapat  menentukan jumlah tak hingga deret geometri
P G
16
·     Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan konsep deret geometri.
Essay
33
3
·  SK:   Menentukan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi dua



3.1
Mengidentifikasi sudut
·  Macam-macam satuan sudut
·  Konversi satuan sudut
·         Siswa dapat mengkonversi sudut dari derajat ke Radian atau sebaliknya
P G
17
3.2
      Menentukan keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar
·  Keliling bangun datar
·  Luas daerah bangun datar
·  Penerapan konsep keliling dan luas
·         Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling bangun datar.
P G
18
·         Siswa dapat menghitung luas bangun datar yang merupakan kombinasi dari  lingkaran dan persegi.
P G
19
·         Siswa dapat menghitung luas juring lingkaran  .
P G
20
·         Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas  bangun datar
Essay
34
3,3
      Menerapkan transformasi bangun datar
·  Jenis-jenis transformasi bangun datar
·  Penerapan transformasi bangun datar
·         Siswa dapat menentukan hasil refleksi dari titik yang diketahui
P G
21
·         Siswa dapat menentukan hasil translasi dari titik yang diketahui
P G
22
·         Siswa dapat menentukan bayangan hasil rotasi.
PG
23
4
S K     :   Menentukan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga 



4.1
Mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya
·  Bangun ruang dan unsur-unsurnya
·  Jaring-jaring bangun ruang
·         Siswa dapat menentukan diagonal ruang dari suatu kubus yang diberikan
P G
24
4.2
      Menghitung luas permukaan bangun ruang
·  Luas permukaan bangun ruang
·         Siswa dapat menentukaan luas permukaan  tabung
P G
25
·         Siswa dapat menentukaan luas permukaan limas yang  diketahui tinggi dan panjang sisi alasnya
P G
26
4.3
     Menerapkan konsep volum bangun ruang
·  Volum bangun ruang
·         Siswa dapat menentukan tinggi suatu tabung yang diketahui volumenya.
P G
27
·         Siswa dapat menentukan volume prisma yang diketahui gambarnya
P G
28
·         Siswa dapat menentukan volume kerucut terpancung
Essay
35
4.4
    Menentukan hubungan antara unsur-unsur dalam bangun ruang
·  Hubungan antar unsur dalam bangun ruang

·         Siswa dapat menentukan jarak dua garis yang bersilangan pada sisi-sisi kubus.
P G
29
·         Siswa dapat menghitung besar sudut antara dua garis pada kubus
P G
30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar