KISI-KISI SOAL TES KENDALI MUTU SEMESTER GASAL
SMK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA TEKIND JUMLAH SOAL : 35 Soal ( 30 Soal Pilihan Ganda Dan 5 Soal Uraian )
KELAS / SEMESTER : X / Ganjil PENYUSUN : Suharna,S.Pd dan Indha Winarni, S.Pd
ALOKASI WAKTU : 120 Menit
No. urut | Standar Kompetensi / Kompetensi dasar | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No. Soal |
1 | Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil | | |||
| 1.1. Menerapkan operasi pada bilangan riil | · Operasi pada bilangan pecahan | · Siswa dapat Menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, atau membagi empat bilangan pecahan | PG | 1 |
| | · Operasi pada bilangan real | · Siswa dapat Menentukan harga barang yang telah didiskon jika diketahui harga belinya. | PG | 2 |
| | · Perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen | · Siswa dapat Menghitung perbandingan senilai dan berbalik nilai dari suatu permasalahan | PG | 3 |
| 1.2. Menerapkan operasi pada bilangan ber-pangkat | · Operasi pada bilangan ber-pangkat | · Siswa dapat Menentukan hasil operasi pada bilangan berpangkat | PG | 4 |
| | · Penyederhanakan bilangan berpangkat | · Siswa dapat Menyederhanakan operasi bilangan berpangkat | PG | 5 |
| | | · Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan bentuk pangkat. | essay | 31 |
| 1.3. Menerapkan operasi pada bilangan irasional | · Operasi pada bilangan bentuk akar | · Siswa dapat Mengoperasikan bilangan bentuk akar | PG | 6 |
| | · Penyederhanaan bilangan bentuk akar | · Siswa dapat Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar | PG | 7 |
| 1.4. Menerapkan konsep logaritma | · Konsep logaritma | · Siswa dapat Menentukan nilai logaritma dengan menggunakan sifat sifatnnya | PG | 8 |
| | · Operasi pada logaritma | · Siswa dapat Menghitung nilai logaritma jika nilai logaritma salah satu atau dua diketahui | PG | 9 |
| 1.5. Menerapkan oprasi pada bilangan kompleks | · Operasi bilangan kompleks | · Siswa dapat Menentukan hasil perkalian bilangan kompleks | PG | 10 |
2 | Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan | | |||
| 2.1. Menerapkan konsep kesalahan pengukuran | · Membilang dan mengukur | · Siswa dapat Membulatkan suatu bilangan berdasarkan banyaknya angka desimal | PG | 11 |
| | · Salah mutlak dan salah relatif | · Siswa dapat Menentukan salah relatif dari hasil suatu pengukuran | PG | 12 |
| | · Menentukan persentase ke-salahan | · Siswa dapat Menentukan persentase kesalahan dari hasil pengukuran | PG | 13 |
| | · Menentukan toleransi hasil pengukuran | · Siswa dapat Mentukan toleransi dari dua buah pengukuran | PG | 14 |
| 2.2. Menerapkan konsep operasi hasil pengukuran | · Jumlah dan selisih hasil pengukuran | · Siswa dapat Menentukan selisih maksimum dari soal cerita | PG | 15 |
| | · Hasil kali pengukuran | · Siswa dapat Menentukan luas minimum dari bangun persegi panjang | PG | 16 |
| | · | · Siswa dapat Menentukan keliling minimum dan luas maksimun dari bangun trapesium dalam soal cerita | essay | 32 |
3 | Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat | | |||
| 3.1 Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier | · Persamaan dan pertidaksamaan linier serta penyelesaiannya | · Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linier | PG | 17 |
| | | · Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan linier bentuk pecahan | PG | 18 |
| | | · Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan linier | essay | 33 |
| 3.2 Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | · Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat serta penyelesaiannya | · Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan kuadrat | PG | 19 |
| | | · Siswa dapat Mentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan kuadrat dengan menggunakan metode rumus abc. | essay | 34 |
| | · Akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya | · Siswa dapat Menentukan nilai x1 – x2 dari persamaan kuadrat | PG | 20 |
| 3.3 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | · Menyusun persamaan kuadrat | · Siswa dapat Menentukan persamaan kuadrat jika diketahui akar-akarnya pecahan. | PG | 21 |
| 3.4 Menyelesaikan sistem persamaan | · Sistem persamaan linier dua dan tiga variabel | · Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linier dua variabel | PG | 22 |
| | | · Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linier tiga variabel | PG | 23 |
| | · Sistem persamaan dengan dua variabel, satu linier dan satu kuadrat | · Siswa dapat Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan dengan dua variabel, satu linier dan satu kuadrat. | PG | 24 |
4 | Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks | | |||
| 4.1. Mendeskripsikan macam-macam matriks | · Macam-macam matriks | · Siswa dapat Menentukan letak elemen dalam suatu matriks yang ordo 2 x 3 | PG | 25 |
| | | · Siswa dapat Menentukan tranpose matriks ordo 3x3 | PG | 26 |
| 4.2. Menyelesaikan operasi matriks | · Operasi matriks | · Siswa dapat Siswa dapat Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan tiga buah matriks | PG | 27 |
| | | · Siswa dapat Menentukan hasil perkalian dua matriks berordo 2x2 dengan 2x3 | PG | 28 |
| | | · Siswa dapat Menentukan hasil perkalian dua matriks | essay | 35 |
| 4.3. Menentukan determinan dan invers | · Determinan dan Invers matriks | · Siswa dapat Menentukan determinan matriks berordo 3x3 | PG | 29 |
| | | · Siswa dapat Menentukan invers matriks berordo 2x2 | PG | 30 |
KISI-KISI SOAL TES KENDALI MUTUSEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA TEKIND
KELAS/ SMT : XI/GASAL KELOMPOK : TEKIND
ALOKASI WAKTU : 120 MENIT JUMLAH SOAL : 30 PG dan 5 ESAY
PENYUSUN : Agus Triyana, S.Pd dan Fitriyati Laili, S.Pd
NO URUT | STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR SOAL | BENTUK SOAL | NOMOR SOAL |
1 | SK: Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat | | | | |
1.1 | Mendeskripsikan konsep relasi dan fungsi | · Relasi dan fungsi | · Siswa dapat menentukan daerah hasil dari suatu relasi/fungsi yang diberikan | P G | 1 |
1.2 | Menerapkan konsep fungsi linear | · Fungsi linear dan grafiknya · Invers fungsi linear | · Siswa dapat menentukan gradien garis melalui dua titik yang diketahui | P G | 2 |
· Siswa dapat menentukan persamaan garis yang diketahui melalui satu titik dan gradiennya | P G | 3 | |||
· Siswa dapat menentukan persamaan garis lurus yang melalui satu titik dan sejajar garis tertentu. | P G | 4 | |||
· Siswa dapat menentukan invers fungsi linear | P G | 5 | |||
1.3 | Menggambar fungsi kuadrat | · Fungsi kuadrat dan grafiknya | · Siswa dapat menentukan persamaan fungsi kuadrat yang diketahui melalui tiga titik | Essay | 31 |
1.4 | Menerapkan konsep fungsi kuadrat | · Fungsi kuadrat dan grafiknya | · Siswa dapat menentukan fungsi kuadrat yang diketahui dua titik potong dengan sumbu x dan satu titik lain | P G | 6 |
· Siswa dapat menentukan nilai maksimum dari suatu soal cerita yang menggunakan konsep fungsi kuadrat | P G | 7 | |||
1.5 | Menerapkan konsep fungsi eksponen | · Fungsi eksponen dan grafiknya | · Siswa dapat menentukan persamaan fungsi trigonometri jika diketahui grafiknya. | P G | 8 |
2 | MENERAPKAN KONSEP BARISAN DAN DERET DALAM PEMECAHAN MASALAH | | | | |
2.1 | Mengidentifikasi pola barisan dan deret bilangan | · Notasi sigma | · Siswa dapat menentukan barisan bilangan dari suatu barisan bilangan yang diketahui rumus suku ke-nnya | P G | 9 |
· Siswa dapat menentukan barisan bilangan yang diketahui rumus notasi sigmanya. | P G | 10 | |||
2.2 | Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika | · Suku ke-n suatu barisan aritmatika | · Siswa dapat menentukan rumus suku ke-n dari suatu barisan aritmatika | P G | 11 |
· Siswa dapat menentukan suku ke-n dari barisan aritmatika yang diketahui dua suku yang lain | P G | 12 | |||
· Jumlah n suku suatu deret aritmatika | · Siswa dapat menentukan jumlah n suku pertama dari suatu soal cerita yang menggunakan konsep deret aritmetika | P G | 13 | ||
· Siswa dapat menentukan banyak suku / n , nilai suku ke-n dan suku terakhir dari suatu deret aritmatika yang diketahui empat suku pertama dan jumlah deret sampai suku ke-n. | ESAY | 32 | |||
2.3 | Menerapkan konsep barisan dan deret geometri | · Suku ke-n suatu barisan geometri | · Siswa dapat menentukan suku ke-n suatu barisan geometri jika diketahui dua suku yang lain. | P G | 14 |
· Jumlah n suku suatu deret geometri | · Siswa dapat menentukan rasio dari suatu deret geometri | P G | 15 | ||
· Siswa dapat menentukan jumlah tak hingga deret geometri | P G | 16 | |||
· Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan konsep deret geometri. | Essay | 33 | |||
3 | · SK: Menentukan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi dua | | | | |
3.1 | Mengidentifikasi sudut | · Macam-macam satuan sudut · Konversi satuan sudut | · Siswa dapat mengkonversi sudut dari derajat ke Radian atau sebaliknya | P G | 17 |
3.2 | Menentukan keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar | · Keliling bangun datar · Luas daerah bangun datar · Penerapan konsep keliling dan luas | · Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling bangun datar. | P G | 18 |
· Siswa dapat menghitung luas bangun datar yang merupakan kombinasi dari lingkaran dan persegi. | P G | 19 | |||
· Siswa dapat menghitung luas juring lingkaran . | P G | 20 | |||
· Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun datar | Essay | 34 | |||
3,3 | Menerapkan transformasi bangun datar | · Jenis-jenis transformasi bangun datar · Penerapan transformasi bangun datar | · Siswa dapat menentukan hasil refleksi dari titik yang diketahui | P G | 21 |
· Siswa dapat menentukan hasil translasi dari titik yang diketahui | P G | 22 | |||
· Siswa dapat menentukan bayangan hasil rotasi. | PG | 23 | |||
4 | S K : Menentukan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga | | | | |
4.1 | Mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya | · Bangun ruang dan unsur-unsurnya · Jaring-jaring bangun ruang | · Siswa dapat menentukan diagonal ruang dari suatu kubus yang diberikan | P G | 24 |
4.2 | Menghitung luas permukaan bangun ruang | · Luas permukaan bangun ruang | · Siswa dapat menentukaan luas permukaan tabung | P G | 25 |
· Siswa dapat menentukaan luas permukaan limas yang diketahui tinggi dan panjang sisi alasnya | P G | 26 | |||
4.3 | Menerapkan konsep volum bangun ruang | · Volum bangun ruang | · Siswa dapat menentukan tinggi suatu tabung yang diketahui volumenya. | P G | 27 |
· Siswa dapat menentukan volume prisma yang diketahui gambarnya | P G | 28 | |||
· Siswa dapat menentukan volume kerucut terpancung | Essay | 35 | |||
4.4 | Menentukan hubungan antara unsur-unsur dalam bangun ruang | · Hubungan antar unsur dalam bangun ruang | · Siswa dapat menentukan jarak dua garis yang bersilangan pada sisi-sisi kubus. | P G | 29 |
· Siswa dapat menghitung besar sudut antara dua garis pada kubus | P G | 30 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar