Rabu, 02 November 2011

KISI-KISI 201-2012 INA

KISI-KISI SOAL TES KENDALI MUTU
SMK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

         Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia         Kelas / Semester     : X / GASAL
         Alokasi Waktu          : 120 menit         Penyusun                  : F Anjar Saptaningsih, S.Pd
         Jumlah Soal              : 50                                                                                                                                                                                                              Yudaningrum Tris Sunu, S.Pd

Nomor Urut
Standar Kompetensi/Kompetensi dasar
Materi
Indikator
Bentuk Soal
Nomor Soal
1.1




1.2















1.3
























1.4


















1.5













1.6
Menyimak  untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak (rekaman)


Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat              
( rekaman )













Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat






















Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks

















Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat












Memilih kata , bentuk kata dan ungkapan yang tepat
-Peiafalan kata
-tekanan , intonasi . jeda yang lazim /baku dan tidak



-Teks bacaan















-Membaca cepat permulaan  ( 120-150 kata per  menit)

-Membaca cepat lanjutan

-Gagasan pokok paragraf



-Makna kata dalam kalimat
-Sikap berbahasa yang positif

-Unsur instrisik puisi



-unsur ekstrinsik prosa

-unsur instrinsik  prosa                      


-unsur instrinsik drama



-Bentuk teks bacaan


-Jenis karangan
-Fakta

-Opini

-Proses hasil

-Proses hasil

-Isi sebuah grafik /tabel

-Isi sebuah grafik/tabel




-Vokal /konsonan
-Diftong    
-Homonim  , homofon ,homograf

-Kata serapan

-Kata bentukan
-Akronim
-Ungkapan asing / daerah



-Singkatan asing

-Makna kata

-Denotasi , konotasi

-Perubahan makna kata


-Peribahasa
-Ungakapan
-Parafrase
-Laras bahasa
-Bentuk kata                                                                             

                                                                                                                            







Diperdengarkan sebuah dialog siswa dapat menentukan lafal yang lazim/baku dan tidak
Diperdengarkan sebuah teks bacaan siswa dapat menentukan tekanan  yang lazim/baku dan tidak

Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan intonasi yang lazim/baku dan tidak
Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan  jeda yang lazim/baku dan tidak

Diperdengarkan sebuah wacana  siswa dapat menentukan sumber informasi
Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan isi pokok informasi
Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan ragam atau laras bahasa
Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan proses hasil dengan tepat
Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan fakta dan opini




Disajikan sebuah wacana siswa dapat menemukan informasi yang sesuai dengan isi wacana

Siswa dapat membedakan teknik membaca pindai ( scanning ), dan layap ( skimming)
Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan gagasan utama wacana tersebut
Disajikan sebuah paragraf siswa dapat mengetahui isi dari paragraf

Disajikan sebuah paragraf siswa dapat menentukan makna kata
Disajikan sebuah kalimat siswa dapat mengubah kalimat tidak santun menjadi santun
Disajikan sebuah puisi siswa dapat  menentukan  majas  yang  terdapat  dalam  puisi  tersebut
Disajikan penggalan puisi, siswa dapat menentukan isi atau makna yang terkandung dalam penggalan puisi
Disajikan sebuah penggalan cerita , siswa dapat  menentukan unsur ekstrinsik cerita tersebut
Disajikan sebuah penggalan prosa siswa dapat menentukan sudut pandang
Disajikan sebuah penggalan prosa siswa dapat menentukan amanat/pesan

Disajikan sebuah penggalan dialog , siswa dapat menentukan watak tokoh drama tersebut


Disajikan  teks bacaan siswa dapat menentukan gagasan utama
Disajikan bentuk teks bacaan siswa dapat mencatat isi pokok informasi
Disajikan penggalan karangan siswa dapat menentukan  jenis karangan
Disajikan sebuah teks bacaan siswa dapat menentukan kalimat yang menyatakan fakta
Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan kalimat yang menyatakan opini
Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan kalimat yang menyatakan proses
Disajikan sebuah teks bacaan siswa dapat menentukan kalimat  yang menyatakan hasil
Disajikan sebuah grafik  siswa dapat mengubah informasi nonverbal menjadi informasi  verbal
Disajikan sebuah tabel  siswa dapat mengubah informasi nonverbal menjadi informasi  verbal




Disajikan beberapa kalimat siswa dapat  melafalkan kata dengan tepat
Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan diftong dengan tepat
Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan homonim , homofon
Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan homograf
Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan kata serapan yang diindonesiakan secara tepat
Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan kata bentukan secara tepat
Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan akronim dengan tepat
Disajikan sebuah kalimat  siswa dapat menentukan makna  ungkapan asing  secara tepat
Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan ungkapan daerah secara tepat
Disajikan beberapa  kalimat siswa dapat menentukan  singkatan asing secara tepat

Disajikan teks bacaan siswa dapat menentukan makna kata dengan tepat (leksikal / gramatikal)
Disajikan  kalimat siswa dapat menentukan kata denotasi/konotasi secara tepat
Disajikan  kalimat siswa dapat menentukan makna kata secara peyorasi
Disajikan sebuah kalimat siswa dapat menentukan makna kata secara ameliorasi
Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan peribahasa  secara tepat
Disajikan  kalimat siswa dapat menentukan ungkapan secara tepat
Disajikan sebuah wacana siswa dapat membuat parafrasa secara tepat
Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan laras bahasa yang  tepat
Disajikan kalimat siswa dapat menentukan kata bermakna jamak atau resiprok dengan tepat











PG

PG


PG

PG


PG
PG
PG

PG

PG




PG


PG

PG

PG

PG
PG

 PG

PG

PG

PG
PG

PG



PG

PG
PG
PG

PG

PG

PG

PG

PG




PG
PG
PG
PG
PG

PG
PG
PG

PG

PG

PG

PG

PG
PG

PG
PG
PG
PG
PG

1

2


3

4-5


6
7
8

9

10




11


12

13

14

15
16

17

18

19

20
21

22



23

24
25
26

27

28

29

30

31




32
33
34
35
36

37
38
39

40

41

42

43

44
45

46
47
48
49
50
Salam , 1 November 2011
                                                                                                                                      F. Anjar Saptaningsih, S.Pd         Yudaningrum Tris Sunu, S.Pd
                                                                                                                                                                                                                                                                                 
 
KISI-KISI SOAL TES KENDALI MUTU
SMK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
         Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia         Kelas / Semester     : Xi / 3
         Alokasi Waktu          : 120 menit         Penyusun                  : Titin Sulistyowati, S.Pd
         Jumlah Soal              : 50                                                                                                                                                                                                               Dra. Susilowati

Nomor Urut
Standar Kompetensi/Kompetensi dasar
Materi
Indikator
Bentuk Soal
Nomor Soal


2.1














2.2











2.3
























2.4











2.5













2.6








2.7





2.8






Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak perintah dalam konteks bekerja












Menyimak untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja









Memahami perintah kerja tertulis
























Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan dan kalimat dalam konteks bekerja









Menggunakan secara lisan kalimat tanya/ pertanyaan dalam konteks bekerja











Membuat parafrasa lisan dalam konteks bekerja







Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi




Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja





 Teknik membuat catatan verbal,dan nonverbal sebagai dasar untuk membuat simpulan (lisan)

Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif

Teknik menyampaikan simpulan dan pendapat

Teknik membuat simpulan lisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar , termasuk di dalamnya kesadaran berbahasa / sikap berbahasa yang positif

Kiat mengenali perintah lisan seperti intonasi dan tekanan

Kiat merumuskan perintah atau rencana tindak lanjut dalam bentuk kerangka atau bagan






Teks perintah kerja tertulis (surat edaran, pengumuman, memo, disposisi, buku manual kerja)














Informasi mengenai kebiasaan peraturan atau budaya kerja yang berlaku di tempat kerja

Kiat menyikapi perintah kerja yang maksudnya sama tetapi dirumuskan dalam bentuk dan redaksi yang berbeda

 Informasi mengenai hubungan antara makna kata, bentuk kata dan pemakaian kata dalam konteks bekerja

Peran dan manfaat kamus dalam belajar bahasa dan dalam kehidupan berbahasa dan bernegara

Relasi makna (sinonim dan antonim), ungkapan idiomatik dan bentuk kata


 Konsep kalimat tanya umum


Konsep dan ciri kalimat retorik

Konsep dan model kalimat tersamar


Kalimat tanya tersamar dalam kehidupan sehari-hari

Artikel yang mengandung ragam kalimat  tanya

 Pengertian parafrasa

 Teknik menyusun parafrasa

Pola penyajian ide (pola urutan/ kronologis, sebab-akibat, contoh, proses)

 Film/ naskah drama/ sinetron


Diskusi kelompok



 Etika dan norma konversasi


 Model ungkapan yang efektif


 Kata/ ungkapan yang bernuansa konflik


Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat mengubah  informasi lisan ke dalam bentuk verbal


Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menyimpulkan  isi wacana secara induktif dan deduktif

Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menemukan kalimat opini

Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat membedakan kalimat yang baku dan yang tidak baku



Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan kalimat perintah

Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menemukan kalimat  perintah secara eksplisit/impisit

Diperdengarkan sebuah rekaman monolog siswa dapat melengkapi sebuah bagan

Diperdengarkan sebuah dialog siswa dapat menemukan perintah kerja

Disajikan sebuah surat  edaran siswa dapat  mengenali isi perintah kerja tertulis


Disajikan sebuah pengumuman siswa dapat mengenali isi perintah kerja tertulis.

 Disajikan sebuah memo siswa dapat mengenali bagian-bagian dari memo

Disajikan sebuah disposisi siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dari disposisi

Disajikan petunjuk penggunaan obat siswa dapat memahami isi perintah kerja tertulis


 Disajikan sebuah petunjuk kerja tertulis siswa dapat menemukan kesalahan-kesalahan berbahasa


Disajikan sebuah perintah kerja siswa dapat merencanakan tindak lanjut berdasarkan perintah kerja.


Disajikan sebuah wacana, siswa dapat mengelompokkan kata, bentuk kata, ungkapan dan kalimat


Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan makna kata



Disajikan sebuah wacana siswa dapat membedakan sinonim dan antonim


 Disajikan sebuah wacana siswa dapat mengenali kalimat tanya


 Disajikan sebuah wacana siswa dapat mengenali kalimat retorik

Disajikan sebuah wacana siswa dapat mengenali konsep dan model kalimat tanya tersamar

 Disajikan sebuah wacana siswa dapat mengenali kalimat tanya tersamar

Disajikan sebuah wacana siswa dapat mngenali ragam kalimat tanya (menggali informasi, klarifikasi)

 Siswa dapat menyebutkan pengertian parafrasa

Disajikan sebuah wacana siswa dapat memparafrasakan informasi

 Disajikan sebuah wacana siswa dapat memparafrasakan dengan pola kronologis, sebab akibat, contoh dan proses


 Disajikan penggalan naskah drama siswa dapat menemukan kalimat santun

 Disajikan sebuah wacana siswa dapat menggunakan pola gilir dalam berkomunikasi


 Disajikan sebuah wacan siswa dapat memulai/ mengakhiri suatu pembicaraan

 Disajikan sebuah wacana siswa dapat menerapkan pola gilitr ( mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat)

 Disajikan sebuah wacana siswa dapat mengalihkan pembicaraan

PG



PG


PG


PG




PG


PG


PG





PG



PG


PG


PG


PG



PG



PG



PG



PG



PG



PG


PG

PG


PG


PG


PG

PG

PG



PG


PG



PG


PG


PG

1-2



3-4


5


6-7




8-9


10-11



12-13

14-15


16



17


18


19-20


21



23



25



26



27-28



29



30


31-32

33


34


35-36


37

38-39

40-41



42


43-44



46


47-48


49-50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar