KISI-KISI SOAL TES KENDALI MUTU
SMK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester : X / GASAL
Alokasi Waktu : 120 menit Penyusun : F Anjar Saptaningsih, S.Pd
Jumlah Soal : 50 Yudaningrum Tris Sunu, S.Pd
Nomor Urut | Standar Kompetensi/Kompetensi dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1.1 1.2 1.3 1.4 1.5 1.6 | Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak (rekaman) Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat ( rekaman ) Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat Memilih kata , bentuk kata dan ungkapan yang tepat | -Peiafalan kata -tekanan , intonasi . jeda yang lazim /baku dan tidak -Teks bacaan -Membaca cepat permulaan ( 120-150 kata per menit) -Membaca cepat lanjutan -Gagasan pokok paragraf -Makna kata dalam kalimat -Sikap berbahasa yang positif -Unsur instrisik puisi -unsur ekstrinsik prosa -unsur instrinsik prosa -unsur instrinsik drama -Bentuk teks bacaan -Jenis karangan -Fakta -Opini -Proses hasil -Proses hasil -Isi sebuah grafik /tabel -Isi sebuah grafik/tabel -Vokal /konsonan -Diftong -Homonim , homofon ,homograf -Kata serapan -Kata bentukan -Akronim -Ungkapan asing / daerah -Singkatan asing -Makna kata -Denotasi , konotasi -Perubahan makna kata -Peribahasa -Ungakapan -Parafrase -Laras bahasa -Bentuk kata | Diperdengarkan sebuah dialog siswa dapat menentukan lafal yang lazim/baku dan tidak Diperdengarkan sebuah teks bacaan siswa dapat menentukan tekanan yang lazim/baku dan tidak Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan intonasi yang lazim/baku dan tidak Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan jeda yang lazim/baku dan tidak Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan sumber informasi Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan isi pokok informasi Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan ragam atau laras bahasa Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan proses hasil dengan tepat Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan fakta dan opini Disajikan sebuah wacana siswa dapat menemukan informasi yang sesuai dengan isi wacana Siswa dapat membedakan teknik membaca pindai ( scanning ), dan layap ( skimming) Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan gagasan utama wacana tersebut Disajikan sebuah paragraf siswa dapat mengetahui isi dari paragraf Disajikan sebuah paragraf siswa dapat menentukan makna kata Disajikan sebuah kalimat siswa dapat mengubah kalimat tidak santun menjadi santun Disajikan sebuah puisi siswa dapat menentukan majas yang terdapat dalam puisi tersebut Disajikan penggalan puisi, siswa dapat menentukan isi atau makna yang terkandung dalam penggalan puisi Disajikan sebuah penggalan cerita , siswa dapat menentukan unsur ekstrinsik cerita tersebut Disajikan sebuah penggalan prosa siswa dapat menentukan sudut pandang Disajikan sebuah penggalan prosa siswa dapat menentukan amanat/pesan Disajikan sebuah penggalan dialog , siswa dapat menentukan watak tokoh drama tersebut Disajikan teks bacaan siswa dapat menentukan gagasan utama Disajikan bentuk teks bacaan siswa dapat mencatat isi pokok informasi Disajikan penggalan karangan siswa dapat menentukan jenis karangan Disajikan sebuah teks bacaan siswa dapat menentukan kalimat yang menyatakan fakta Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan kalimat yang menyatakan opini Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan kalimat yang menyatakan proses Disajikan sebuah teks bacaan siswa dapat menentukan kalimat yang menyatakan hasil Disajikan sebuah grafik siswa dapat mengubah informasi nonverbal menjadi informasi verbal Disajikan sebuah tabel siswa dapat mengubah informasi nonverbal menjadi informasi verbal Disajikan beberapa kalimat siswa dapat melafalkan kata dengan tepat Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan diftong dengan tepat Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan homonim , homofon Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan homograf Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan kata serapan yang diindonesiakan secara tepat Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan kata bentukan secara tepat Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan akronim dengan tepat Disajikan sebuah kalimat siswa dapat menentukan makna ungkapan asing secara tepat Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan ungkapan daerah secara tepat Disajikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan singkatan asing secara tepat Disajikan teks bacaan siswa dapat menentukan makna kata dengan tepat (leksikal / gramatikal) Disajikan kalimat siswa dapat menentukan kata denotasi/konotasi secara tepat Disajikan kalimat siswa dapat menentukan makna kata secara peyorasi Disajikan sebuah kalimat siswa dapat menentukan makna kata secara ameliorasi Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan peribahasa secara tepat Disajikan kalimat siswa dapat menentukan ungkapan secara tepat Disajikan sebuah wacana siswa dapat membuat parafrasa secara tepat Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan laras bahasa yang tepat Disajikan kalimat siswa dapat menentukan kata bermakna jamak atau resiprok dengan tepat | PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG | 1 2 3 4-5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 |
Salam , 1 November 2011
F. Anjar Saptaningsih, S.Pd Yudaningrum Tris Sunu, S.Pd
KISI-KISI SOAL TES KENDALI MUTU
SMK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester : Xi / 3
Alokasi Waktu : 120 menit Penyusun : Titin Sulistyowati, S.Pd
Jumlah Soal : 50 Dra. Susilowati
Nomor Urut | Standar Kompetensi/Kompetensi dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | Nomor Soal |
2.1 2.2 2.3 2.4 2.5 2.6 2.7 2.8 | Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak perintah dalam konteks bekerja Menyimak untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja Memahami perintah kerja tertulis Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan dan kalimat dalam konteks bekerja Menggunakan secara lisan kalimat tanya/ pertanyaan dalam konteks bekerja Membuat parafrasa lisan dalam konteks bekerja Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja | Teknik membuat catatan verbal,dan nonverbal sebagai dasar untuk membuat simpulan (lisan) Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif Teknik menyampaikan simpulan dan pendapat Teknik membuat simpulan lisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar , termasuk di dalamnya kesadaran berbahasa / sikap berbahasa yang positif Kiat mengenali perintah lisan seperti intonasi dan tekanan Kiat merumuskan perintah atau rencana tindak lanjut dalam bentuk kerangka atau bagan Teks perintah kerja tertulis (surat edaran, pengumuman, memo, disposisi, buku manual kerja) Informasi mengenai kebiasaan peraturan atau budaya kerja yang berlaku di tempat kerja Kiat menyikapi perintah kerja yang maksudnya sama tetapi dirumuskan dalam bentuk dan redaksi yang berbeda Informasi mengenai hubungan antara makna kata, bentuk kata dan pemakaian kata dalam konteks bekerja Peran dan manfaat kamus dalam belajar bahasa dan dalam kehidupan berbahasa dan bernegara Relasi makna (sinonim dan antonim), ungkapan idiomatik dan bentuk kata Konsep kalimat tanya umum Konsep dan ciri kalimat retorik Konsep dan model kalimat tersamar Kalimat tanya tersamar dalam kehidupan sehari-hari Artikel yang mengandung ragam kalimat tanya Pengertian parafrasa Teknik menyusun parafrasa Pola penyajian ide (pola urutan/ kronologis, sebab-akibat, contoh, proses) Film/ naskah drama/ sinetron Diskusi kelompok Etika dan norma konversasi Model ungkapan yang efektif Kata/ ungkapan yang bernuansa konflik | Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat mengubah informasi lisan ke dalam bentuk verbal Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menyimpulkan isi wacana secara induktif dan deduktif Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menemukan kalimat opini Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat membedakan kalimat yang baku dan yang tidak baku Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menentukan kalimat perintah Diperdengarkan sebuah wacana siswa dapat menemukan kalimat perintah secara eksplisit/impisit Diperdengarkan sebuah rekaman monolog siswa dapat melengkapi sebuah bagan Diperdengarkan sebuah dialog siswa dapat menemukan perintah kerja Disajikan sebuah surat edaran siswa dapat mengenali isi perintah kerja tertulis Disajikan sebuah pengumuman siswa dapat mengenali isi perintah kerja tertulis. Disajikan sebuah memo siswa dapat mengenali bagian-bagian dari memo Disajikan sebuah disposisi siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dari disposisi Disajikan petunjuk penggunaan obat siswa dapat memahami isi perintah kerja tertulis Disajikan sebuah petunjuk kerja tertulis siswa dapat menemukan kesalahan-kesalahan berbahasa Disajikan sebuah perintah kerja siswa dapat merencanakan tindak lanjut berdasarkan perintah kerja. Disajikan sebuah wacana, siswa dapat mengelompokkan kata, bentuk kata, ungkapan dan kalimat Disajikan sebuah wacana siswa dapat menentukan makna kata Disajikan sebuah wacana siswa dapat membedakan sinonim dan antonim Disajikan sebuah wacana siswa dapat mengenali kalimat tanya Disajikan sebuah wacana siswa dapat mengenali kalimat retorik Disajikan sebuah wacana siswa dapat mengenali konsep dan model kalimat tanya tersamar Disajikan sebuah wacana siswa dapat mengenali kalimat tanya tersamar Disajikan sebuah wacana siswa dapat mngenali ragam kalimat tanya (menggali informasi, klarifikasi) Siswa dapat menyebutkan pengertian parafrasa Disajikan sebuah wacana siswa dapat memparafrasakan informasi Disajikan sebuah wacana siswa dapat memparafrasakan dengan pola kronologis, sebab akibat, contoh dan proses Disajikan penggalan naskah drama siswa dapat menemukan kalimat santun Disajikan sebuah wacana siswa dapat menggunakan pola gilir dalam berkomunikasi Disajikan sebuah wacan siswa dapat memulai/ mengakhiri suatu pembicaraan Disajikan sebuah wacana siswa dapat menerapkan pola gilitr ( mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat) Disajikan sebuah wacana siswa dapat mengalihkan pembicaraan | PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG | 1-2 3-4 5 6-7 8-9 10-11 12-13 14-15 16 17 18 19-20 21 23 25 26 27-28 29 30 31-32 33 34 35-36 37 38-39 40-41 42 43-44 46 47-48 49-50 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar